Antisipasi Timbulnya Penyakit DBD, Petugas Jumantik Sambangi Warga

  • Apr 24, 2024
  • Admin Rawapanjang_Bojong Gede

Untuk mengantisipasi timbulnya penyakit  Demam berdarah Degue (DBD) di lingkungan Desa Rawapanjang keca,matan Bojonggede Kabupaten Bogor, Petugas Juru Premantau Jentik (Jumantik) Pemerintah Desa Rawapanjang sambangi rumah – rumah warga memantau ada atau tidaknya jentik nyamuk.

Seperti yang dilakukan oleh Sugiarti,  warga RT 002 Rw 010 yang juga petugas Jumantik RW 010 dengan setia dan disiplin  terus melakukan tugasnya menyambangi rumah – rumah warga, sambil membawa senter dan buku catatan, Rabu(24//4/24).

Bila ada warga yang rumahnya ada jentiknya, kemudian dicatat dan dipantau kembali saat melakukan kunjungan sambal melakukan pembinaan betapa pentingnya setiap rumah bebas jentik nyamuk, katanya.

Diakui ada beberapa rumah saat dikunjungi ternyata ada jentiknya, dia mengaku baru pulang dariu kampung halaman pasca lebaran, oleh sebab itu Peugas jumantik mengingatkan untuk segera dibersihkan dan diganti airnya, kata Sugiarti yang saat itu sedang  bertugas mengu njungi rumah warga memantau jentik nyamuk.

Kades Rawapanjang mengapresiasi kepara para petugas Jumantik yang terus tanpa henti melakukan tugasnya yakni memantau jentik di setiap rumah dan mengingatkan warga betapa pentingnya menjaga kebersihan khususnya rumah bebas jentik.

“Di setiap rumah diharapkan ada salah seorang untuk selalu menjaga kebersihan termasuk memantau lingkungannya ada jentik nyamuk atau tidak, biasanya jentik nyamuk ada di tempat – tempat air bekas ban, kaleng – kaleng, tempat air untuk burung, penampung air di kulkas dan lainnya, ini harus etia[p saat dikontrol agar lingkungan rumah bebas jentik,harap kades Mohammad Agus dikantornya Rabu(24/4/24)

Semoga para petugas jumantik saat dating ke rumah – rumah warga mengingatkan agar setiap rumah ada petugas jumantik yang selalu memantau lingkungan rumah agar setiap rumah bebas jentik, tandasnya.(Red).

Foto: Petugas Jumantik Sugiarti dari RW 010 Desa Rawapanjang sedang bertugas memantau jentik